Fasilitas

Bea Cukai Siap Dorong Ekspor Produk IKM/UMKM untuk PEN

Yogyakarta (16/09) – “Sudah bukan saatnya masing-masing instansi pemerintah bergerak sendiri-sendiri, kolaborasi untuk konteks pelayanan ekspor sudah menjadi keharusan dan Jogja Business Service Center (JBSC) ini merupakan wujud nyata kolaborasi tersebut, kami betul-betul mengapresiasi”, tutur Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro dalam Diskusi Publik Grebeg UMKM DIY 2021, yang diadakan oleh Bank Indonesia DIY, Kamis, 16 September 2021.

Sesuai arahan Presiden terkait penyederhanaan regulasi dan birokrasi, Purwantoro mengatakan bahwa Bea Cukai telah memangkas birokrasi, membuat layanan yang cepat, mudah dan tanpa biaya. “Dulu perizinan memakan waktu hingga hitungan minggu bahkan bulan, sekarang hanya hitungan hari bahkan jam, kemudian kami juga telah mendorong pemberian izin fasilitas secara online, penerbitan izin fasilitas yang semula di Kantor Pusat, sekarang bisa di Kantor Wilayah, bahkan izin-izin lain bisa dilakukan oleh Kantor Pelayanan Setempat”, jelasnya.

Selanjutnya Purwantoro menjelaskan bahwa Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memberikan fasilitas kepada para pelaku usaha dalam rangka mendorong industri dalam negeri agar dapat bersaing di pasar global. Fasilitas tersebut berupa fasilitas fiskal dan prosedural.

Fasilitas fiskal diberikan dengan penangguhan Bea Masuk dan tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor. Sedangkan prosedural berupa percepatan pengeluaran barang dari pelabuhan bongkar dan lain sebagainya. “Dengan fasilitas ini perusahaan tidak perlu membayar pungutan impornya ketika melakukan importasi bahan bakunya dengan catatan hasil produksinya adalah berorientasi pada ekspor”, jelasnya.

Bea Cukai juga memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk IKM (KITE IKM). “Beberapa manfaat diantaranya para pengusaha IKM/UMKM ini tetap bisa mendapatkan insentif fiskal dengan tidak perlu memberikan jaminan. Ini merupakan langkah untuk membantu para pengusaha IKM/UMKM mengatasi permodalan dan likuiditas perusahaan mereka supaya produknya lebih kompetitif di pasar global”, tambah Purwantoro.

Purwantoro menegaskan bahwa Bea Cukai siap mendukung dan berkolaborasi dalam rangka mendorong industri dalam negeri agar dapat bersaing di pasar global dengan melakukan ekspor hasil produksinya.

Comment here