Transformasi Kelembagaan

Bea Cukai Jateng DIY Gandeng Unsoed Guna Peningkatan Kualitas SDM

Banyumas (20/09) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro bersama jajaran melaksanakan kunjungan kerja ke Universitas Jenderal Soedirman pada Senin, 20 September 2021. Kunjungan kali ini disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Ahmad Sodiq, M.Sc.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari program Never Stop Learning yang dilaksanakan oleh kanwil Bea Cukai Jateng DIY yang bekerjasama dengan Civitas Akademika. “Kerjasama dengan universitas merupakan penyegaran bagi kami, penguatan sekaligus pembaharuan teori atau cara-cara baru dalam kami melakukan pekerjaan dan yang lebih penting kualitas SDM kami terus terjaga dan menjadi pegawai yang pembelajar”, ujar Purwantoro.

“Pandemi ini mendorong kami untuk lebih kreatif dalam menjaga budaya belajar di seluruh pegawai Bea Cukai terutama di Kanwil DJBC Jateng DIY, nah budaya ini nampaknya lebih mudah terfasilitasi oleh teknologi, karena itu kerjasama ini bisa saling memberikan manfaat terutama bagi kami di jajaran pemerintahan”, tambahnya.

Purwantoro juga menyampaikan bahwa Kanwil Bea Cukai Jateng DIY siap menerima mahasiswa magang dan memberikan pengenalan terkait tugas dan fungsi Bea Cukai. “Nantinya mahasiswa bisa diperkaya dengan hal-hal yang sifatnya praktis dilapangan yang dilakukan oleh Bea Cukai misalnya penanganan masalah expor impor atau beberapa pemberian insentif fiskal yang dilakukan oleh pemerintah dari sudut pandang ekonomi”, jelasnya.

Senada dengan Purwantoro, Wakil Rektor Bidang Akademik Bpk. Prof. Dr. Ir. Ahmad Sodiq, M.Sc. menyambut baik kerjasama tersebut, ia menyampaikan bahwa ada 3 hal yang menjadi orientasi dari kerjasama tersebut. “3 hal tersebut diantaranya peningkatan kompetensi mahasiswa, peningkatan kualitas dosen dan juga peningkatan kualitas kurikulum. Kami beberapa kali mengundang praktisi datang ke kampus, kami berharap Bea Cukai juga nanti memungkinkan untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa”, ujarnya.

Kerjasama dengan Universitas Jenderal Soedirman ini diawali dengan pelaksanaan Never Stop Learning dengan tema pemeriksaan barang curah padat yang dilaksanakan bekerjasama dengan Bea Cukai Cilacap. Kedepan pelatihan-pelatihan kompetensi lain juga akan digelar seperti pelatihan Bahasa Mandarin, pelatihan di bidang ekonomi, bisnis, hukum dan lain sebagainya.

Comment here