Lain-lain

Tingkatkan Kesiagaan, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Pelatihan Penggunaan APAR untuk PPNPN

Semarang 21/9) – Sebagai salah satu upaya peningkatan kesiagaan dari potensi bencana kebakaran, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) pada Sabtu, 18 September 2021 di Lapangan Tennis Rumah Dinas Bea Cukai Pandean Lamper. Pelatihan yang diikuti Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) ini bekerja sama dengan CV Zenith Elektrika Mekani, Semarang.

“Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang penanggulangan kebakaran yang memadai,” ujar Nur Fatichah, Kepala Subbagian Rumah Tangga, saat membuka pelatihan.

Pelatihan ini diawali dengan penjelasan Zainal dari CV Zenith Elektrika Mekani mengenai perawatan dan pemeliharaan Tabung APAR, agar kondisi APAR senantiasa baik dan siap digunakan sebagai salah satu tindakan awal dalam menanggulangi musibah kebakaran.

Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan praktik penggunaan alat pemadam kebakaran berupa APAR bubuk kimia. Peserta dijelaskan mengenai bagian-bagiannya dan cara menggunakannya. Setelah itu peserta melakukan praktik yang sudah disampaikan.

Selain untuk meningkatkan kesiapsiagaan PPNPM terhadap bencana kebakaran, pelatihan ini diharapkan dapat menurunkan level risiko kerugian akibat kebakaran gedung kantor.

Comment here