Penerimaan

Optimalkan Penerimaan, Bea Cukai Jateng DIY Perkuat Audit dan Penelitian Ulang

Semarang (24/9) – Dalam rangka penguatan tugas dan fungsi audit serta penelitian ulang, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar dialog dengan Direktur Audit mengenai konsepsi program reformasi DJBC berkelanjutan serta capaian audit dan penelitian ulang, pada Rabu, 22 September 2021.

Dialog yang digelar di Aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan dipimpin secara langsung oleh Decy Arifinsjah, Direktur Audit Kepabeanan dan Cukai dan M Purwantoro, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY ini sangat penting mengingat begitu vitalnya peran audit dan penelitian ulang dalam optimalisasi penerimaan negara di titik post clearance.

“Selama ini audit bisa kita bilang sebagai penyelamat ketika pembahasan mengenai pemeriksaan klasifikasi dan tarif serta nilai pabean tidak menemukan titik temu. Oleh karena itu saya harap auditor memaksimalkan potensi temuan dan tagihan”, ungkap Purwantoro.

Purwantoro juga menegaskan bahwa meskipun dalam kondisi pandemi dan sebagian pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara WFH, diharapkan tidak mengganggu produktivitas penyelesaian kinerja audit.

Sementara itu Decy Arifinsjah fokus menyoroti konsepsi program reformasi berkelanjutan. “Konsepsi reformasi yang berbasis pada integritas ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kredibilitas organisasi serta terwujudnya kepercayaan publik”, ujar Decy.

“Sejalan dengan program reformasi tersebut, selain dituntut untuk memberikan evaluasi terhadap pekerjaan on clearence, unit audit juga harus mampu untuk memberikan koreksi dan masukan atas SOP yang belum dapat berjalan dengan baik”, imbuhnya.

Hingga Agustus 2021, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY telah mencatatkan temuan atau tagihan hasil audit yang cukup tinggi. “Meskipun dengan volume impor yang rendah jika dibandingkan dengan pelabuhan lainnya, hingga penghujung agustus 2021, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY telah berhasil mengumpulkan tagihan audit sebesar Rp9.932.858.000”, ungkap Eksi Nugroho, Kepala Subdirektorat Monitoring, Evaluasi, Penjaminan Kualitas Audit dalam sesi diskusi.

Comment here