Pengawasan

Tingkatkan Upaya Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Internalisasikan Aplikasi SIROLEG

Guna menggalakkan pemberantasan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) ilegal, Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menyelenggarakan training retraining aplikasi Sistem Pelaporan Rokok Ilegal (SIROLEG) pada Rabu, 27 Oktober 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan pada seluruh kantor pelayanan di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Muhamad Purwantoro menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu upaya ampuh untuk terus menggalakkan pemberantasan rokok ilegal. Terbukti dengan pemanfaatan aplikasi ini di wilayah Jawa Timur yang berhasil mengamankan kerugian hingga Rp144 Juta pada periode Juli s.d. Desember 2020.

“Saya harap dengan pemanfaatan aplikasi ini di seluruh wilayah Jawa Tengah tidak semata-mata untuk memberantas rokok ilegal dari sisi Bea Cukai saja, tetapi juga memperkuat kolaborasi dan koordinasi antara Bea Cukai dan Pemerintah Daerah setempat untuk dapat bersinergi memberantas rokok ilegal. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang semakin efektif”, pesan Purwantoro.

Senada dengan Purwantoro, Kepala Subdirektorat Penindakan Direktorat Penindakan dan Penyidikan, Agung Widodo menyampaikan bahwa dengan aplikasi SIROLEG ini, diharapkan seluruh satuan kerja Bea Cukai dan Pemda dapat berkontribusi aktif dalam pelaporannya.

“Kumpulan informasi yang terinput oleh tim Pemda nantinya akan diuji kebenaran dan kelayakan datanya oleh analis bea cukai guna dilakukan target penindakan dan/atau target sosialisasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penindakan rokok ilegal,” ujar Agung.

SIROLEG merupakan integrasi sistem pengumpulan informasi rokok ilegal, pelaporan, dan penyebaran informasi berbasis web yang pemanfaatannya merupakan kerja sama antara DJBC dan Pemda sebagai pelaksanaan pemanfaatan DBHCHT.

Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan penatausahaan dan pengolahan informasi rokok ilegal secara real time dan mendorong perluasan target untuk meningkatkan pemberantasan rokok ilegal.

Comment here