Reformasi Birokrasi

Meningkatkan SDM Unggul dan Berkarakter melalui Manajemen Talenta

Meningkatkan-SDM-Unggul-dan-Berkarakter-melalui-Manajemen-Talenta

Semarang (18/11) – Tumbuh dan berkembangnya suatu organisasi akan optimal apabila didukung penuh oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkarakter.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Muhamad Purwantoro saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Manajemen Talenta di Aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada Kamis, 18 November 2021.

“Manajemen talenta menjadi salah satu program berkesinambungan, dan menjadi topik sasaran yang terus dikaji dan dikembangkan sebagai bagian dari kebijakan pengelolaan sumber daya manusia yang ideal” ujar Purwantoro.

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Siswo Suharto bahwa manajemen talenta ini dirancang untuk menjawab kebutuhan organisasi dengan menyiapkan talent untuk mengisi posisi yang setingkat lebih tinggi atau posisi lain yang dianggap strategis oleh pimpinan dan diharapkan dapat memberi dampak signifikan terhadap pencapaian visi, misi, dan strategi organisasi.

“Manajemen talenta dilaksanakan melalui 5 proses yaitu, analisis kebutuhan talent, identifikasi calon talent, penetapan talent, pengembangan talent, evaluasi talent sampai dengan penempatan pada jabatan target”, jelas Siswo.

Meningkatkan SDM Unggul dan Berkarakter melalui Manajemen Talenta

Siswo juga mengingatkan bahwa kita sebagai pimpinan harus terus mengawasi dan membimbing para pegawai kita dalam perilaku dan pergaulan sehari hari.

“Kita harus memberikan role model dan hubungan yang baik bagi pegawai muda karena kedepannya mereka semua yang akan meneruskan kepemimpinan organisasi kita”, imbuh Siswo.

Comment here