Pengawasan

Bea Cukai Bersama Pemprov Jateng Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Semarang, 14/12/2021 – Bea Cukai Jateng dan DIY bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar pemusnahan pita cukai dan rokok illegal di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, pada Selasa, 14 Desember 2021.

“Barang yang dimusnahkan meliputi 88.014 keping pita cukai dan 6.870.960 batang rokok ilegal yang merupakan hasil penindakan Kanwil DJBC Jateng dan DIY dalam periode Febuari s.d. November 2020, dimana sebagian merupakan hasil operasi bersama dengan Satpol PP Pemprov Jawa Tengah dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total nilai barang yang dimusnahkan sebesar Rp7,03 Milyar dengan potensi kerugian negara mencapai Rp3,12 Miliar”, ungkap Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY, Muhamad Purwantoro.

Purwantoro menambahkan bahwa barang yang dimusnahkan juga merupakan hasil sinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya seperti TNI, POLRI dan Kejaksaan serta instansi terkait lainnya.

“Sinergi tersebut akan terus diperkuat. Dalam periode 2021 Bea Cukai se Jateng DIY telah melakukan 478 penindakan dengan jumlah rokok yang diamankan mencapai 51,05 juta batang. Nilainya mencapai Rp40,78 milyar, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp26,74 milyar”, tambah Purwantoro.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengatakan bahwa rokok ilegal merugikan masyarakat.

“Di Pemprov Jateng bahwa kaitannya dengan cukai rokok ini kita ada namanya pajak rokok ini diambil 10%. Kemudian kita juga ada DBHCHT yang dimanfaatkan untuk masyarakat utamanya untuk penanganan kesehatan. Selain itu untuk pembangunan di Jawa Tengah.

Sehingga dengan adanya rokok ilegal tentu merugikan masyarakat”, ujar Sumarno.

“Ini sebagai edukasi kita semua bahwa teman-teman pedagang harus hati-hati jangan mudah diiming-imingi dengan keuntungan yang besar bahwa sebetulnya yang mereka jual adalah rokok-rokok ilegal. Ini juga harus menjadi perhatian karena ada aspek hukum bagi pedagang yang menjual atau menyediakan rokok ilegal”, tambah Sumarno.

Purwantoro selanjutnya menegaskan bahwa Bea Cukai bersama seluruh pihak akan terus melakukan upaya pemberantasan rokok illegal dari hulu sampai hilir. Purwantoro juga menghimbau kepada para pelaku rokok illegal untuk beralih menjadi pelaku usaha yang legal.

Comment here