Fasilitas

Dorong PEN, Bea Cukai Jateng DIY Kembali Terbitkan Fasilitas KB

Semarang (17/01) – Bea Cukai Jateng DIY kembali terbitkan izin fasilitas Kawasan Berikat untuk PT Java Wood Industri pada Jumat, 14 Januari 2022 secara daring melalui video conference. Perusahaan yang bergerak di industri kayu ini berlokasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan menjadi perusahaan ke-2 yang menerima fasilitas Kawasan Berikat pada tahun 2022.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Amin Tri Sobri menyampaikan bahwa pemberian fasilitas ini merupakan wujud pemerintah dalam upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program peningkatan ekspor, penyerapan tenaga kerja dan investasi. “Fasilitas kepabeanan yang diberikan kepada pengusaha yaitu penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor”, tuturnya.

Selain fasilitas fiskal, Amin menjelaskan bahwa fasilitas yang diterima perusahaan juga berupa kemudahan prosedural. “Dimana perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat dapat melaksanakan pembongkaran barang di gudang perusahaan sendiri, tentunya ini akan mempercepat arus barang dan mengurangi biaya timbun di pelabuhan”, jelasnya.

Direktur PT Java Wood Industri Yangjiang Huang menyampaikan bahwa perusahaannya telah berdiri sejak tahun 2018 dan dengan fasilitas Kawasan Berikat yang diterimanya ini akan menyerap tenaga kerja baru.”Di tahun 2022 ini kami berencana akan menambah tenaga kerja sebanyak 3.000 orang”, tuturnya.

Bea Cukai terus konsisten dalam upaya mendorong ekspor dan meningkatkan investasi dengan memberikan fasilitas bagi industri dalam negeri agar dapat bersaing di pasar global. Meskipun ditengah pandemi Covid-19, perizinan tetap dapat diberikan secara daring, hal ini adalah bentuk responsif Bea Cukai dalam menghadapi pandemi.

Comment here