Transformasi Kelembagaan

Optimalkan Kinerja Pegawai, Bea Cukai Jateng DIY Adakan Internalisasi Kontrak Kinerja

Semarang (20/1) – Guna mengoptimalkan pelaksanaan pengelolaan kinerja pegawai Tahun 2022, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai (PKP) tentang Penyusunan Indikator Kinerja Individu (IKI) dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY secara daring pada Kamis, 20 Januari 2022.

Acara PKP dibuka oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono. Yacobus menyampaikan bahwa penyampaian Kontrak Kinerja dilakukan setiap tahun oleh pegawai Bea dan Cukai. Diharapkan tanggal 25 Februari 2022 mulai dapat dilakukan penandatangan Kontrak Kinerja (KK). “KK yang dibuat harus memenuhi Kualitas Kontrak Kinerja (K3) sehingga dapat mendapat poin kinerja yang maksimal karena memenuhi kualitas KK yang memadai”, jelasnya.

Salah satu PIC pengelolaan kinerja, Yusuf Evendi memaparkan bahwa istilah IKU sekarang menjadi IKI (Indikator Kinerja Individu) sesuai dengan Surat Edaran Menteri Keuangan nomor SE-10/MK.1/2021 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja Tahun 2021 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam Menyusun IKI perlu memperhatikan prinsip Penyusunan IKI yang dilakukan berdasar SMART-C (Specific, Measurable, Agreeable, Realistic, Time Bounded, dan Continuously Improved). Selain itu yang diperlu diperhatikan dalam penyusunan IKI adalah parameter penyusunan IKI dan manual IKI.

Selanjutnya Kepala Seksi KPT Administrasi, Kasmui memaparkan terkait Kualitas Kontrak Kinerja (K3). Dalam menyusun Kontrak Kinerja harus memperhatikan Nilai Kualitas IKI dan Nilai Kualitas Terget sehingga nanti akan menghasilkan koefisien nilai K3 yang berkualitas.

Comment here