Transformasi Kelembagaan

Peringati Hari Pabean Internasional, Bea Cukai Gelar Apel Khusus

Sebagai bagian dari World Customs Organization (WCO), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menggelar apel khusus dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional, pada Rabu, 26 Januari 2022. Apel ini diikuti oleh pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia secara daring dengan mengusung tema “Embracing Data Culture in Estabilishing Data-Driven Organization”,

“Tema ini diangkat dalam rangka akselerasi transformasi digital melalui pembangunan budaya data yang berlandaskan pada ekosistem data dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.” Tutur Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani.

“Menteri Keuangan juga telah berpesan kepada seluruh jajaran untuk menggunakan data lebih masif dan optimal serta mendayagunakan data analytical dan SDM yang handal.” Imbuhnya.

Selaras dengan tema yang diusung, Kementerian Keuangan telah menetapkan Inisiatif Strategis yang berfokus pada Optimalisasi Sistem Layanan Data Kementerian Keuangan (IS SLDK) yaitu peningkatan pemahaman dan budaya data (data awareness and data culture) untuk mewujudkan Kementerian Keuangan sebagai Data-Driven Organization.

Dalam apel ini WCO juga memberikan penghargaan Certificate of Merit kepada administrator kepabeanan maupun kepada pihak eksternal yang memberikan kontribusi dalam bidang transformasi digital. Kanwill Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta turut mendapatkan penghargaan tersebut atas pembangunan dan pengelolaan E-Library. Selamat Hari Pabean Internasional Tahun 2022, Bea Cukai berkomitmen untuk bekerja sepenuh hati untuk berbakti kepada nusa dan bangsa.

Comment here