Reformasi Birokrasi

Bea Cukai Komitmen Dukung UMKM Guna Dorong Pemulihan Ekonomi

Semarang (28/01) – Pada tahun 2022, Bea Cukai memberikan perhatian lebih terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat berkembang di pasar global, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Komitmen ini dituangkan dalam kontrak kinerja pegawai sebagai salah satu Indikator Kinerja Individu (IKI) .

“Ada IKI baru terkait asistensi terhadap pengusaha UMKM, meskipun targetnya 80% tapi yang paling menentukan adalah identifikasi berapa pengusaha yang potensial untuk kita kalkulasi menjadi populasi di dalam penghitungan IKI kita”, tutur Muhamad Purwantoro, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam acara rapat penyusunan kontrak kinerja Kamis, 27 Januari 2022 secara hybrid.

Purwantoro menambahkan bahwa populasi yang diambil sebagai bahan perhitungan indikaor kinerja tersebut didasarkan pada hasil pengamatan di lapangan dengan cermat. “Jangan sampai kita tidak tidak berusaha untuk memaksimalkan usaha kita dalam mencari para pengusaha UMKM yang potensial untuk masuk dalam binaan kita”, tambahnya.

Purwantoro juga menyampaikan bahwa dalam acara rapat koordinasi pimpinan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai berharap ada pejabat yang secara khusus diberikan tanggungjawab terkait dengan asistensi UMKM. “Oleh karena itu, saya berharap kepada satuan kerja yang mengampu indkator kinerja ini agar mulai melakukan pendataan terkait pengusaha UMKM di wilayah kerjanya”, pungkasnya.

Comment here