Lain-lain

Maksimalkan Pemanfaatan DBHCHT, Bea Cukai dan Pemda Gelar Rapat Persiapan Pemanfaatan DBHCHT Tahun 2022

Semarang (04/02) – Bertempat di Ruang Aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, digelar rapat koordinasi antara Bea Cukai Jateng DIY dengan Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, dan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 02 Februari 2022. Rapat kali ini berfokus membahas mengenai pemanfaatan DBHCHT di bidang penegakan hukum dan perencanaan program kerja di tahun 2022.

Kepala Kanwil Bea dan Cukai Jateng DIY, Muhamad Purwantoro menyampaikan bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) harus dimanfaatkan sebaik mungkin khususnya di bidang penegakan hukum yaitu pemberantasan rokok ilegal. “Untuk itu perlu adanya sinergi yang kuat antara Bea dan Cukai serta Pemerintah Daerah dalam pemanfaatan DBH CHT ini”, ujar Purwantoro.

Berbagai macam usulan kegiatan telah disampaikan oleh Pemerintah Daerah meliputi kegiatan sosialiasi baik tatap muka maupun secara daring kepada masyarakat, perusahaan dan para pemangku kebijakan di bidang cukai hasil tembakau. Kegiatan sosialisasi tersebut dapat berupa kunjungan ke sentra industri rokok, cetak pamflet, talkshow radio, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi rokok berpita cukai resmi.

Selain itu, sebuah terobosan dalam upaya meningkatkan pemberantasan rokok ilegal diluncurkan aplikasi SIROLEG yang dapat digunakan oleh Bea dan Cukai dan Pemerintah Daerah. SIROLEG (Sistem Informasi Rokok Ilegal) merupakan sebuah sistem pengumpulan, pelaporan, dan penyebaran informasi rokok ilegal yang terintegrasi. Wilayah pengawasan yang luas meliputi 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah tentu akan sangat terbantu dengan adanya sistem ini. Dengan adanya sistem ini diharapkan mampu memaksimalkan kinerja Bea dan Cukai serta Pemerintah Daerah dalam memberantas rokok ilegal.

Comment here