Transformasi Kelembagaan

Nilai-Nilai Kementerian Keuangan Jadi Pesan Utama Apel Rutin Februari

Semarang (10/02) – “Memasuki tahun 2022 tantangan akan semakin tinggi, baik itu dari internal maupun eksternal”, ujar Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Moch. Arif Setijo Nugroho dalam amanatnya sebagai pejabat pengambil apel pada Kamis, 10 Februari 2022 di aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Arif menyampaikan bahwa ekspektasi atas kinerja Bea Cukai baik dari internal maupun eksternal semakin tinggi. “Dari pihak internal kita dituntut untuk memberikan kinerja yang lebih maksimal dari tahun sebelumnya, hal ini dibuktikan salah satunya dengan adanya beberapa perubahan dari indikator kinerja individu di tahun 2022 ini yaitu seperti pembinaan industri kecil menengah untuk bisa mendorong ekspor produknya”, ujarnya.

Arif menambahkan bahwa Bea Cukai dituntut untuk memberikan peran yang lebih besar disamping menjalankan tugas dan fungsi utamanya sehari-hari. “Kita dituntut untuk berkontribusi lebih khususnya peran kita dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional”, tambahnya.

Disisi lain, ekspektasi dari pihak eksternal yakni masyarakat juga semakin tinggi. Arif menyampaikan bahwa Bea Cukai juga turut berperan aktif dalama rangka penanganan Covid-19 dan upaya dalam rangka mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Bea Cukai memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya menanggulangi pandemi ini seperti memperlancar arus masuk barang guna penanggulangan Covid-19 dan juga dalam rangka mendorong PEN”, tuturnya.

“Karena ekspektasi yang semakin tinggi dari internal maupun eksternal dan menjawab tantangan tersebut tentu kita harus meningkatkan diri kita diberbagai aspek. Nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan harus senantiasa kita pegang teguh dalam menjalankan tugas sehari-hari”, pungkasnya.

Comment here