Fasilitas

Dukung Investasi dan Dorong Ekspor, Kakanwil Kunjungi KEK Kendal

Semarang (02/03) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro melaksanakan kunjungan kerja perdananya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal pada Rabu, 02 Maret 2022. Kunjungan kali ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui kondisi di lapangan dan menyerap aspirasi pelaku usaha yang menjadi pilot project KEK Kendal.

Kunjungan disambut langsung oleh Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal Stanley Ang. Stanley menyampaikan perkembangan investasi di KEK Kendal dimana sampai dengan tahun 2021 nilai ekspor mencapai USD 24 Juta. “Tenaga kerja yang terserap hingga tahun 2021 sebanyak 11.380 orang dan kami menargetkan hingga tahun 2025 nanti sebanyak 20.000 tenaga kerja di dalam kawasan dan menumbuhkan lapangan pekerjaan baru bagi 60.000 orang di luar kawasan”, tuturnya.

Selanjutnya, pihak KEK Kendal menyampaikan berbagai kendala di lapangan dalam rangka uji coba aplikasi PP KEK. “Sejauh ini implementasi pilot project aplikasi PP KEK sudah berjalan dengan cukup baik namun masih terdapat beberapa kendala utamanya terkait sistem yang masih dalam proses pengembangan. Kami berharap proses penyempurnaan sistem ini dapat dilaksanakan dengan tetap mengutamakan kelancaran proses bisnis perusahaan sehingga kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Purwantoro menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Lembaga Nasional Single Window (LNSW) dan berbagai pihak yang berkaitan dengan pengembangan sistem untuk pilot project aplikasi PP KEK. “Kami akan terus berupaya mendukung investasi dan mendorong ekspor, hal ini merupakan upaya kami dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)”, pungkasnya.

Comment here