Pengawasan

Bea Cukai Gelar Apel Kick-Off Operasi Gempur

Surakarta (24/05) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro memimpin langsung pelaksanaan apel Kick-Off Operasi Gempur di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada Selasa, 24 Mei 2022 di lapangan Kantor Bea Cukai Surakarta. 

Apel dihadiri oleh Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (ISDA) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah dan seluruh tim penindakan dan penyidikan di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Dalam amanatnya, Purwantoro menyampaikan bahwa penindakan terhadap Barang Kena Cukai (BKC) ilegal penting untuk dilakukan secara berkelanjutan. “Produksi hasil tembakau diduga terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan, hal ini dibuktikan dengan penemuan hasil tembakau ilegal yang dijual secara terang-terangan bahkan juga marak ditawarkan dan dijual melalui e-commerce” tuturnya.

Purwantoro juga menyampaikan bahwa sinergi dengan aparat penegak hukum harus terus ditingkatkan. “Selama ini Bea Cukai selalu bersinergi dengan aparat penegak hukum lain seperti TNI, Polri, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, SATPOL PP dan instansi terkait lainnya dalam memerangi hasil tembakau ilegal” lanjutnya.

“Operasi Gempur ini dilaksanakan serentak di seluruh indonesia khususnya di lingkungan Kanwil Jateng DIY. Operasi ini bertujuan untuk menekan peredaran hasil BKC hasil tembakau ilegal dan meningkatkan kepatuhan pengusaha BKC hasil tembakau sebagai langkah optimalisasi penerimaan cukai dan menurunkan tingkat peredaran BKC hasil tembakau ilegal” pungkasnya.

Comment here