Pengawasan

Gandeng Generasi Milenial, Bea Cukai Gelar Talkshow Bahaya Rokok Ilegal

Gandeng-Generasi-Milenial-Bea-Cukai-Gelar-Talkshow-Bahaya-Rokok-Ilegal.jpg

Semarang (23/6) – Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar dialog interaktif (talkshow) mengenai bahaya rokok ilegal melalui TVKU (TV Kampus Udinus) pada Kamis, 24 Juni 2022. Selain disiarkan melalui media TV dan Live Streaming, kegiatan ini juga turut disaksikan oleh mahasiswa/i Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) secara fisik.

Kanwil Bea Cukai Jateng DIY yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Cahya Nugraha, menuturkan begitu besar peranan generasi milenial sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menyebarkan informasi mengenai bahaya dan dampak rokok ilegal. “Generasi milenial memiliki peran yang besar dalam membantu pemerintah dalam memerangi rokok ilegal. Setelah mendapat pengetahuan mengenai bahaya rokok ilegal dan dampaknya bagi negara, diharapkan teman-teman semua dapat menjadi agen pemerintah dalam memerangi rokok ilegal.” Ujar Cahya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Arif Sambodo yang menyoroti bahwa selain berdampak bagi penerimaan negara, rokok ilegal juga berpotensi dalam menciptakan iklim usaha yang kurang positif bagi para pelaku usaha rokok legal. “Cukai yang kita bayarkan ke negara ini akan kembali lagi kepada pemerintah daerah dalam bentuk Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) yang dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya pada sektor kesehatan dan bantuan bagi para petani tembakau.” Tutur Arif.

Talkshow interaktif ini juga turut dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah, Danie Budi Tjahyono. Danie menuturkan bahwa saat ini kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan dampak dari rokok ilegal sudah mulai terbangun. “Anak muda sekarang sepertinya gengsi ya kalau konsumsi rokok ilegal. Harapannya kegiatan sosialisasi semacam ini terus digencarkan oleh pemerintah agar yang belum tahu apa dampak rokok ilegal jadi paham.” Ujar Danie

Bea Cukai, Pemerintah Daerah dan Masyarakat terus berkomitmen dalam dalam mendiseminasikan mengenai bahaya rokok ilegal dan dampaknya bagi negara.

Comment here