Lain-lain

Tingkatkan Pengembangan Kompetensi Pegawai, Bea Cukai Jateng DIY Gelar PKP Implementasi Learning Organization

Tingkatkan Pengembangan Kompetensi Pegawai, Bea Cukai Jateng DIY Gelar PKP Implementasi Learning Organization

Semarang (27/6/2022) – Guna meningkatkan pemahaman pegawai terkait implementasi learning organization, Bea Cukai Jateng DIY mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai (PKP) dengan tema Persiapan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Learning Organization. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Jateng DIY secara daring pada Senin, 27 Juni 2022.

Kepala Subbagian Kepegawaian, Ruwia Purnama Adie menyampaikan bahwa penyusunan dan perhitungan IKU Kepala Kantor Wilayah yang disusun berdasarkan 3 komponen yaitu efektivitas pelaksanaan kegiatan PKP, pemenuhan standar kompetensi jabatan, dan tingkat implementasi learning organization.

Komponen kegiatan PKP diikuti oleh setiap bulan dengan dilakukan penilaian melalui post test. “Komponen pemenuhan standar kompetensi jabatan, hasil penilaiannya dapat digunakan untuk mengetahui pejabat mana saja yang telah memenuhi nilai pemenuhan standar komptensi jabatan. Komponen implementasi learning organization merupakan perwujudan Kementerian Keuangan sebagai Learning Organization dengan tujuan meningkatkan kinerja individu, tim, organisasi dalam mencapai visi, misi, dan sasaran stategis DJBC,” ujarnya.

Selanjutnya, Muhammad Raflyudin pelaksana bagian kepegawaian menyampaikan implementasi learning organization DJBC telah diatur di Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-14/BC/2021. “Sebagai perwujudan bahwa DJBC merupakan organisasi yang memfasilitasi para pegawainya untuk dapat terus belajar dan berkembang. Implemetasi tersebut dilakukan langsung oleh masing-masing pegawai. Pegawai melakukan pengisian laporan capaian pembelajaran atau peningkatan kompetensi yang dilaporkan kedalam form atau kuisioner,” pungkasnya.

Comment here