Transformasi Kelembagaan

Tingkatkan Peran Kehumasan, Bea Cukai Jateng DIY Selenggarakan FGD

Semarang (29/06) – Peran unit kehumasan menjadi sangat penting untuk meningkatkan citra sebuah institusi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Umum M. Nasrul Fatah saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kehumasan pada Selasa, 28 Juni 2022 di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Acara ini diikuti oleh seluruh unit kehumasan satuan kerja di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

“Setiap pegawai Bea Cukai itu adalah cerminan institusi di masyarakat dan menjadi corong pemerintah untuk menyebarluaskan berbagai kebijakan pemerintah khususnya di Kementerian Keuangan dan Bea Cukai” tuturnya.

Nasrul juga menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang terjadi saat ini menjadikan segala sesuatu mudah untuk tersebar luas di masyarakat. “Kalau kita tadi menyebut semua pegawai adalah humas, maka sekarang kita juga menghadapi masa dimana saat ini semua masyarakat adalah wartawan, dengan teknologi informasi yang semakin maju maka segala sesuatu mudah menjadi viral. Hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama dan disinilah pentingnya peran unit kehumasan” tegasnya.

Nasrul mengajak seluruh peserta sebagai insan kehumasan untuk terus meningkatkan kompetensi dan pengetahuan di bidang kehumasan guna mencapai cita-cita institusi yaitu Bea Cukai yang makin baik.

Senada dengan Nasrul, Kepala Subdirektorat Strategi Komunikasi, Monitoring dan Evaluasi Tubagus Firman Hermansjah juga menyampaikan bahwa humas adalah ujung tombak sebuah institusi. “Humas adalah ujung tombak sebuah institusi untuk memberikan informasi kepada masyarakat atau stakeholder terkait dengan kinerja institusi” ujarnya.

FGD ini membahas bagaimana unit kehumasan menangani berita negatif, kemudian mengelola media sosial sebagai saluran komunikasi publik di instansi pemerintah dengan narasumber dari Sekolah Vokasi UNDIP, cara menulis artikel berita dengan baik dan benar dengan kaidah jurnalistik oleh Jawa Pos Radar Semarang, dan monitoring evaluasi pelaksanaan Indikator Kinerja Individu (IKI) asistensi UMKM berorientasi ekspor dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Direktorat Kepatuhan Internal Bea Cukai.

Comment here