Pengawasan

Berantas Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Pemda

Semarang (12/07) – Penindakan terhadap peredaran rokok ilegal terus dilancarkan Bea Cukai Jateng DIY. Lewat kegiatan Operasi Pasar Bersama yang dilakukan pada tanggal 27 – 28 Juni 2022 yang lalu secara sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Biro Infrastruktur Sumber Daya Alam (ISDA ), Satpol PP dan Bagian Perekonomian Pemkab Sragen, upaya pengawasan ini diharapkan dapat menekan jumlah rokok ilegal yang beredar di pasaran.

Kegiatan operasi pasar ini dilakukan di wilayah Kabupaten Sragen, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Tegal . Pelaksanaan operasi pasar di Kabupaten Sragen petugas berhasil mengamankan 280 batang rokok, di Kabupaten Jepara 500 batang rokok, dan di Kabupaten Tegal 1.840 batang rokok.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil BC Jateng DiY, Tri Utomo Hendro Wibowo mengatakan bahwa “Operasi Pasar Bersama merupakan salah satu kegiatan pengawasan yang dibarengi dengan pemberian informasi terkait larangan peredaran rokok ilegal yang rutin dilakukan oleh unit pengawasan Bea Cukai”.  Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka pemberantasan BKC ilegal sebagai upaya pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di Bidang Penegakan Hukum. 


Dalam melaksanakan kegiatan operasi pasar, Bea Cukai bekerja sama dengan perangkat pemerintah daerah provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan efektivitas pengawasan. “Selain melakukan pengawasan, di setiap kesempatan kami juga melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman para pedagang di bidang cukai. Dengan meningkatkan pemahaman bahwa rokok ilegal dilarang untuk diperjualbelikan, diharapkan dapat memberikan ruang lebih bagi para pelaku usaha yang taat terhadap ketentuan hukum,” pungkas Tri.

Comment here