Fasilitas

Dorong Pertumbuhan Ekspor Nasional, Bea Cukai Jateng DIY Tambah Penerima Fasilitas Kawasan Berikat

Dorong Pertumbuhan Ekspor Nasional, Bea Cukai Jateng DIY Tambah Penerima Fasilitas Kawasan Berikat

Semarang (14/7) – Bea Cukai Jateng DIY kembali berikan fasilitas Kawasan Berikat untuk PT Busanaremaja Agracipta Kalasan pada Rabu, 13 Juli 2022. Pemberian fasilitas diberikan setelah melakukan pemaparan proses bisnis secara hybrid yang juga dihadiri oleh Bea Cukai Yogyakarta dan KPP Madya 2 Tangerang. Perusahaan yang bergerak di bidang pakaian jadi ini berlokasi di Sleman, Yogyakarta dan menjadi perusahaan ke-12 yang menerima fasilitas Kawasan Berikat pada tahun 2022.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Amin Tri Sobri menyampaikan bahwa pemberian fasilitas ini merupakan wujud pemerintah dalam upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program peningkatan ekspor, penyerapan tenaga kerja dan investasi. “Fasilitas kepabeanan yang diberikan kepada pengusaha yaitu penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor,” tuturnya.

Selain fasilitas fiskal, Amin menjelaskan bahwa fasilitas yang diterima perusahaan juga berupa kemudahan prosedural. “Dimana perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat dapat melaksanakan pembongkaran barang di gudang perusahaan sendiri, tentunya ini akan mempercepat arus barang dan mengurangi biaya timbun di pelabuhan,”jelasnya.

Direktur Utama PT Busanaremaja Agracipta Kalasan, Shyam Lal Uttam mengatakan bahwa dengan adanya fasilitas fiskal ini akan memperlancar proses bisnis perusahaan dan akan menyerap tambahan tenaga kerja sebanyak 2.000 orang dengan kapasitas produksi mencapai 5,4 juta pieces per tahun dengan harga sekitar FOB 30 juta USD.

Uttam menambahkan bahwa PT Busanaremaja Agracipta Kalasan yang berdiri pada akhir tahun 2021 dengan investasi sebesar Rp97,9 miliar bergerak di industri garmen yang merupakan sektor padat karya dengan hasil produksi pakaian jadi khususnya pakaian dalam, seperti top/body garment, brief, dan control garment shapewear yang akan diekspor ke berbagai negara

“Kami akan berkomitmen untuk mematuhi ketentuan yang ada dan berharap dapat berkontribusi dalam membantu perekonomian daerah sekitar pabrik,” pungkas Uttam.

Comment here