Lain-lain

Kenalkan Cukai Rokok Elektrik, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Dialog Interaktif TV

Semarang (29/08/2022) – Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan Perkumpulan Vape-Mechanical Mod Maniac Semarang menggelar sosialisasi  dengan tema “Ketentuan Cukai pada Rokok Elektrik” pada Rabu, 24 Agustus 2022. Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk talkshow yang ditayangkan secara tunda melalui media TV Kampus Udinus (TVKU) dan disaksikan secara langsung oleh mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Cahya Nugraha menjelaskan, pengenaan cukai terhadap rokok elektrik di Indonesia telah berlaku sejak tahun 2017 dan dikategorikan ke dalam hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL).

“Rokok elektrik (REL) atau lebih dikenal dengan vape, pada mulanya  termasuk salah satu jenis dari HPTL. Namun, dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan nomor 193/PMK.010/2021, terminologinya diubah dari ekstrak dan esens tembakau menjadi rokok elektrik (REL) dan dipisahkan dari HPTL. REL memiliki tarif yang telah ditentukan secara spesifik berdasarkan satuan REL pada peraturan tersebut,” jelas Cahya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan aspek pungutan negara atau cukai, aspek kesehatan, dan aspek perindustrian dalam penggunaan rokok elektrik.

“Dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik rokok elektrik maupun rokok konvensional, kami selalu menekankan bahwa ini merupakan barang kena cukai yang mana industrinya melibatkan banyak kalangan mulai dari produsen hingga konsumen,” ujar Arif.

Talkshow ini juga turut dihadiri oleh Ketua Perkumpulan Vape-Mechanical Mod Maniac Semarang Bobby Pamungkas. Bobby menuturkan, hingga saat ini tren penggunaan REL atau vape semakin meningkat.

“Dengan booming-nya vape di media sosial, membuat rokok elektrik bukan sekadar lifestyle melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi penggunanya. Tak hanya itu, sekarang ini banyak bermunculan rokok elektrik jenis baru dengan desain yang menarik dan sederhana seiring dengan perkembangan zaman,” tutur Bobby.

Menurutnya, para pengguna tidak keberatan dengan tarif cukai yang dikenakan pada rokok elektrik. Hal ini justru membuktikan bahwa rokok elektrik telah dilegalkan oleh pemerintah dan telah diakui keberadaannya. 

Comment here