Penerimaan

BAKN DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja Ke Bea Cukai Jateng DIY

Semarang (06/09) – Badan Akuntabilitas Keuangan Negara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BAKN DPR RI) melakukan kunjungan kerja ke Bea Cukai Jateng DIY pada Senin 5 September 2022 bertempat di Aula KPPBC Tanjung Emas.

Wakil Ketua BAKN DPR RI Hendrawan Supratikno menyampaikan bahwa kunjungan kerja kali ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan keuangan negara khususnya di bidang cukai. “Pada masa Sidang I Tahun Sidang 2022-2023, BAKN DPR RI akan melakukan penelaahan terkait cukai hasil tembakau. Untuk itu kami perlu meminta masukan dari Bea Cukai Jateng DIY dalam rangka bahan penelahaan tersebut” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro memaparkan kinerja penerimaan dan pengawasan di lingkungan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Ia menjelaskan bahwa disamping merupakan daerah produksi, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta merupakan jalur distribusi rokok ilegal. “Bea Cukai telah dan terus berkoordinasi baik internal maupun eksternal dalam rangka memberantas peredaran rokok ilegal. Di sisi internal kami melakukan pertukaran informasi intelijen antar unit pengawasan satuan kerja di berbagai daerah dan di sisi eksternal kami juga aktif berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan APH lainnya dalam pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT),” ujarnya.

Selanjutnya, Purwantoro melaporkan perkembangan kondisi Pelabuhan Tanjung Emas pasca banjir rob pada Mei 2022 lalu, yang menyebabkan sejumlah kerugian baik bagi perusahaan yang melakukan kegiatan impor dan ekspor serta industri manufaktur. “Perlu adanya penataan area pelabuhan Tanjung Emas seperti pembangunan tanggul laut dan penataan industri di Kawasan Pelabuhan,” imbuhnya.

Dengan adanya kunjungan kerja ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi atau kebijakan yang terbaik dan solutif bagi pemerintah dan masyarakat khususnya di bidang cukai.

Comment here