Transformasi Kelembagaan

Purwantoro Ajak Mahasiswa UNNES Turut Aktif dalam Pemberantasan Rokok Ilegal

Semarang (12/10/2022) –  “Saya mengajak mahasiswa untuk berperan aktif menyelamatkan generasi emas yang berkualitas dari bahaya rokok ilegal, salah satunya melalui program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN),” tutur Muhamad Purwantoro, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY saat menjadi narasumber pada Pembekalan KKN Angkatan 3 Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang dilaksanakan secara daring, Rabu, 12 Oktober 2022.

Mengapa mahasiswa perlu berperan aktif dalam memberantas rokok ilegal? Purwantoro menjelaskan bahwa pemberantasan rokok ilegal hendaknya dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dan tidak terbatas pada golongan tertentu. 

“Mahasiswa merupakan golongan yang memiliki objektivitas tinggi dan dapat diharapkan untuk memberikan perannya dalam memberantas rokok ilegal melalui tindakan preventif. Selain itu, mahasiswa memiliki program KKN yang langsung terjun ke masyarakat untuk memberikan edukasi dan dapat menjadi ujung tombak agar peredaran rokok ilegal dapat dikendalikan,” ujar Purwantoro. 

Pada kesempatan kali ini Purwantoro juga menjelaskan secara umum mengenai cukai dan pita cukai. “Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang konsumsinya perlu dikendalikan. Sedangkan pita cukai merupakan tanda pengenal yang dijadikan alat deteksi yang sangat mudah dikenali di lapangan, sebagai tanda bahwa barang kena cukai yang telah memiliki pita cukai itu berarti sudah dibayar cukainya,” jelas Purwantoro.

“Saya berharap kepada seluruh mahasiswa UNNES yang akan menjalani KKN agar turut menyebarkan pemahaman mengenai rokok ilegal melalui program KKN. Nantinya Bea Cukai Jateng DIY, UNNES, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berkolaborasi untuk penyusunan program kerja, pemilihan daerah, dan pendampingan agar upaya pemberantasan rokok ilegal  dalam program kerja KKN menjadi lebih terkoordinir dan konkrit,” pungkas Purwantoro.

Comment here