Lain-lain

Kenalkan Soal Impor Ekspor, Bea Cukai Jateng DIY Terima Kunjungan Mahasiswa UNY

Semarang (19/10/2022) – Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menerima kunjungan mahasiswa Program Studi D4 Pemasaran Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Gunungkidul pada Rabu, 19 Oktober 2022. Kunjungan ini disambut dengan hangat oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Muhamad Purwantoro.

Dosen manajemen sekaligus pengampu mata kuliah impor ekspor UNY, Agung Utama menyampaikan bahwa kunjungan kali ini dilaksanakan dalam rangka memperluas pengetahuan mahasiswa terkait kegiatan impor ekspor untuk industri.   

“Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam menerima kunjungan kami guna menambah pengetahuan mahasiswa terkait proses bisnis ekspor impor dari sisi Bea Cukai,” ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menyambut baik kunjungan tersebut dan berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat memahami konsep dasar terkait kepabeanan maupun cukai.

“Saya yakin apabila para mahasiswa telah dibekali oleh ilmu impor ekspor, tentunya akan memahami dimana simpul keberadaan Bea Cukai dalam proses impor ekspor tersebut, salah satunya untuk penerimaan negara. Saya juga berharap pemaparan hari ini dapat memenuhi harapan dan rasa ingin tahu para mahasiswa terkait proses bisnis impor ekspor khususnya di Jateng DIY,” tutur Purwantoro.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Seksi BK-Humas Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Cahya Nugraha memaparkan materi mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai, proses bisnis impor ekspor, ketentuan di bidang cukai, ketentuan barang kiriman, dan waspada penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai.

“Tugas dan fungsi pokok Bea Cukai ada 4, tetapi khusus terkait dengan impor dan ekspor masuk ke dalam tusi revenue collector atau penerimaan negara dengan pungutan bea masuk dan bea keluar. Tak hanya itu, penerimaan negara dari Bea Cukai juga meliputi cukai yang terdapat pada barang kena cukai contohnya rokok,” jelas Cahya.

Tak hanya untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa, kunjungan kali ini sekaligus untuk mempererat sinergi Bea Cukai Jateng DIY dengan komunitas akademis agar terjalin dengan baik.

Comment here